Friday, December 16, 2016

Mengharap Sedikit Belas Kasih Manusia

kucing jelek
Mengharap sedikit belas kasih manusia
Si kucing jelek, bulu yang tak seperti bulu-bulu kucing normal lainnya, tubuh yang kurus, sekujur badan dipenuhi noda bekas luka, lusuh dan kumuh, hampir semua orang jijik melihatnya.

Dengan pandangan mata yang penuh iba, dalam keadaan yang benar-benar tak berdaya kucing ini berusaha memegang kaki manusia dan mendekapnya, mengharap agar ia mendapat sedikit belas kasih dari manusia.

Baik berupa sisa-sisa makanan atau minuman yang ada, mereka berikan kepadanya sekedar untuk menyambung hidup, terlebih mereka peduli mau menolong dan sudi merewatnya.

Kucing yang malang ini tidak berharap lebih, layaknya mahluk hidup yang lain. Ia hanya berharap mendapat sedikit makanan untuk menyambung hidupnya dan tempat untuk berteduh dari panasnya terik matahari maupun derasnya guyuran air hujan.

Sahabatku yang baik hati . . .
Semua mahluk hidup diciptakan untuk hidup berdampingan. Manusia, hewan, tumbuh-tumbuhan satu sama lain saling membutuhkan. Masing-masing diberi kelebihan dan kekurangan.

Di antara seluruh mahluk hidup yang ada di bumi ini, kitalah yang paling sempurna. Dibekali satu kelebihan yang tidak dimiliki oleh mahluk lain, yakni akal. Yang membuat kita mampu berpikir ini baik dan ini tidak, ini menyakitkan dan ini membahagiakan.

Kalau binatang yang tidak dibekali akal memiliki cinta kasih, kita yang dianugerahi kelebihan oleh Allah lebih dari yang lainnya, sedikit saja apa tidak merasa iba melihat kondisi kucing yang memperihatinkan ini?

Sisa makanan yang kita berikan untuknya, mungkin sangat berarti buat dia. Sebentar saja mengelusnya, mungkin membuat dia merasa lega dan bahagia.

Seandainya kaki yang didekap kucing itu adalah kaki kita, apa yang akan kita lakukan? 

Menendangnya?

Menghindarinya?

Mengelus dan Memberinya makan?

Membawa pulang dan merawatnya?


Semoga Allah senantiasa menjadikan kita manusia yang baik hati, mengangkat derajat kita lebih mulia dari mahluk lainnya dengan bukti adanya perilaku baik kita terhadap sesama, bukan hanya untuk manusia tapi untuk sesama mahluk hidup yang ada di sekeliling kita.

Demikian, semoga ini bisa menjadi bahan renungan bagi kita untuk menjadi pribadi yang lebih mulia . . .

Baca juga, Mimpi Kucing Yang Tak Sampai

2 komentar

ak juga punya kucing dirumah, pernah waktu itu pas masuk kerja, sebelum membuka pintu kantor, ada seekor anak kucing kayanya jauh dari induknya..dan saya bawa kebelakang gedung dan ternyata induknya ada disitu dan akhirnya anak kucing itu ketemu sama induknya....karena ngerasa kasian jauh dari induknya...

aku prnh jg ktmu kucing spt ini dijalan mbak, ditinggal induknya. msh kucing anak pulak.
jujur sih aku krng suka kucing krna suka buang feses smbrangan.
drumah kucingnya jg suka manjat" atap lg, ya ampun.
tpi baca kisah diatas, jd iba ngeliat kcing bgitu


EmoticonEmoticon